Sabtu, 15 Agustus 2009

Perkembangan Pendidikan untuk Keberlanjutan

Di tingkat internasional, model-model pendidikan yang bertujuan untuk kehidupan berkelanjutan berkembang terus menerus. Karena itu, BIMAesw melihat bahwa kita perlu sekali memiliki kemampuan untuk mengikuti perkembangan tersebut, mengkritisi, dan mengadaptasikan jika dirasakan perlu untuk diterapkan di proses pendidikan yang sedang berjalan.
Model-model tersebut tidak berdiri sendiri, namun sebagai bagian perkembangan dari model pendidikan yang sedang berjalan. Hal ini menjadi catatan penting.
Sehingga perlu juga kita belajar bagaimana mengelola perubahan pada proses pembelajaran.

Program Perkembangan Pendidikan untuk keberlanjutan ini terdiri dari 2 pelatihan di Pusat Pendidikan Alam dan Budaya (PPAB) Kaliandra Sejati, dan 2 kursus jarak jauh (distance course) dari bulan Desember 2008 – Mei 2009. Pelatih dan fasilitator distance course adalah Madeleine Vreeburg dari lembaga Zirkon di Belanda, serta diikuti 23 peserta dari 10 provinsi di Indonesia.

Kegiatan terakhir program ini adalah pertemuan Region yang membahas penyebaran pengetahuan dan kemampuan baru ini.

Pada pelatihan ini dibahas Education for Global Citizenship (EGC), model pendidikan yang menjadi tulang punggung kurikulum pendidikan formal di Inggris sejak 2002, dan sedang dipelajari untuk diterapkan di Belanda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar