Sabtu, 15 Agustus 2009

Pelatihan Pembelajaran Aktif di P. Tomia/Kepulauan Wakatobi

Guru-guru di Kepulauan Wakatobi telah menjalankan Pendidikan Lingkungan dan KOnservasi laut sebagai salah satu muatan lokal di SD dan SMP. Namun mereka merasa kurang mendapatkan referensi dalam metode pengajaran materi-materi lingkungan dan konservasi kelautan. Metode pembelajaran aktif dimana anak bergerak secara fisik seperti bermain, akan membuat anak-anak senang untuk belajar. KOndisi yang menyenangkan akan membuat otak dapat menyerap materi pelajaran.
Selain itu, interaksi dengan alam secara langsung akan menstimulasi perkembangan otak, sehingga akan lebih banyak proses pembelajaran yang diserap.

Para guru menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam mengikuti proses pelatihan yang diadakan di Pulau Tomia(kepulauan Wakatobi) pada bulan Agustus 2009, karena mereka mempraktekkan langsung metode-metode yang diperkenalkan. Dan mereka mengembangkan sendiri pada isu kelautan yang sudah mereka miliki turun temurun dan materi pelajaran.

Kondisi lingkungan yang berbentuk kepulauan, terdiri dari beberapa pulau dan ada kampong yang berdiri diatas fondasi karang di atas laut, menyebabkan akses transportasi yang agak sulit karena bergantung pada kondisi alam.
Hal ini juga mempengaruhi penyebaran informasi yang sangat dibutuhkan oleh para guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar