Sabtu, 15 Agustus 2009

Lokakarya Lintas Pelajaran PLH pada Materi Pembelajaran

Ibu Noor Indrastuti dari BalitBang DIkNas Jakarta menjelaskan cara memngembangkan lintas pelajaran dengan tema-tema lingkungan sesuai dengan kurikulum yang sedang berjalan. Materi ini menjadi salah satu sesi yang diberikan pada Lokakarya Lintas Pelajaran sebagai Penerapan Pendidikan Lingkungan yang diadakan oleh BIMAesw di Surabaya pada bulan Maret 2009.

Kegiatan ini diikuti oleh guru-guru dari Kendari, Probolinggo, Lamongan, Bojonegoro, Gresik, dan dari Surabaya tentunya.

Dengan beban materi yang banyak pada kurikulum, lintas pelajaran menjadikan salah 1 alternatif menjalankan PLH sehingga tidak perlu menambah materi karena materi lingkungan sudah ada di sebagian besar mata pelajaran. Dan perlu dikembangkan metode penyampaian yang aktif dan keterkaitan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga terjadi perubahan perilaku anak terjadi tahap demi tahap.

Lintas pelajaran yaitu suatu tema yang dikaitkan dengan beberapa materi di mata pelajaran. Hal ini akan menunjukkan keterkaitan antar mata pelajaran juga. Berbeda dengan integrasi Pendidikan lingkungan pada mata pelajaran. Integrasi tidak menuntut adanya keterkaitan antar mata pelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar